Harian Kendari

Turnamen KNPI-Cup I Sukses Digelar, UHO FC Keluar Sebagai Juara

Penyerahan piala dan uang pembinaan 20 juta kepada perwakilan UHO FC oleh Ketua DPP KNPI, Haris Pratama.

HARIANKENDARI.COM, KENDARI – Pelaksanaan Turnamen sepakbola Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)-Cup I se-Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses digelar. Turnamen yang telah diikuti 32 club besar di Sultra berhasil menelorkan empat jawara club sepakbola Sultra terbaik. Sebut saja, club UHO FC yang juga adalah tim asuhan Rektor UHO,  M. Zamrun ini menjadi kampiun dalam laga bergengsi itu dengan membawa pulang hadiah pembinaan sebesar 20 juta plus tropi setinggi dua meter.

Disusul club Pusaka FC keluar sebagai juara II runner-up laga Final. Adapun jumlah uang pembinaan sebesar 13 Juta plus satu tropy. Sementara Lokza FC dan Fhising FC hanya bertahan di juara III dan IV dengan perolehan hadiah masing-masing sebesar 10 juta tambah tropy untuk juara III dan Rp 5 juta tambah tropy bagi juara IV.

Dalam laga final penutupan KNPI-Cup I yang digawangi oleh pengurus dan panitia DPD KNPI Sultra itu, dipusatkan di stadion utama UHO Kendari.  Seremoni penutupan turnamen itu dihadiri langsung Ketua DPP KNPI, Haris Pertama, mantan Ketua KNPI Sultra, Zumi Kudus, Anggota DPRD Sultra, Abdul Salam Sahadia dan ketua PSSI Provinsi Sultra, Dr. M. Zamrun didampingi ketua DPD KNPI Sultra, Muh. Amsar beserta sejumlah pengurus DPD KNPI Sultra.

Juara Turnamen KNPI CUP-I

Dikesempatan itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) KNPI, Haris Pertama mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan turnamen sepakbola KNPI-Cup I yang diinisiasi oleh pengurus DPD KNPI Provinsi Sultra.

“Apalagi laga turnamen ini mendapatkan dukungan penuh dari ketua PSSI Sultra. Dan juga diikuti oleh club-club sepakbola terbesar di wilayah Sultra, “apresiasinya.

Haris mengatakan, dengan suksesnya kegiatan turnamen sepakbola kategori umum ini dirinya berharap ada turnamen selanjutnya yang lebih fokus pada pengembangan bibit pesepakbola usia dini.

“Saya berharap ke depan, teman-teman pengurus KNPI di daerah khususnya di Sultra bisa menggagas kegiatan turnamen berikutnya khusus di usia 12 hingga 15 tahun atau tingkat remaja,” pintanya sembari merogoh kocek pribadinya memberikan bantuan dana pembinaan di turnamen ini.

Dia juga menambahkan, KNPI harus bersinergi dan menggandeng PSSI Sultra dalam pembinaan persepakbolaan di Sultra.

“Harapan saya agar bisa lebih ditingkatkan kedepannya dalam membangun olahraga sepakbola di Sultra. KNPI harus bekerja sama dengan PSSI Sultra, agar kedepan bisa mencetak pemain Timnas,  seperti Sadil Ramdani. Jadi harus ada regenerasi,” harapnya sembari menutup secara resmi Turnamen KNPI -Cup I yang berlangsung di Stadion Universitas Halu Oleo (UHO) akhir pekan lalu.

Sementara itu, Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Sultra, Dr. M. Zamrun menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada pengurus DPD KNPI Provinsi Sultra yang telah menyelenggarakan kegiatan turnamen sepakbola KNPI-Cup I tersebut.

“Ini merupakan langkah maju bagi pemuda Sultra. Karena dengan terselenggaranya kegiatan seperti ini sangat membantu pemerintah khususnya PSSI Sultra dalam menumbuhkembangkan olahraga sepakbola di Sultra, ” ungkapnya bangga.

Dikesempatan itu, dirinya menyampaikan terima kasih kepada tim asuhannya yang berhasil jadi kampiun dalam turnamen tersebut.

“Terkhusus kepada tim saya, semoga ini bisa menjadi jembatan dan menambah pengalaman dan mengasah kemampuannya dalam seni olahraga sepakbola.  Agar kedepan bisa bersaing di level lebih tinggi lagi,” tambahnya.

Penyerahan uang pembinaan oleh Ketua KNPI Sultra, Muh. Amsar

Sementara itu, Ketua Amsar mengatakan, kegiatan ini terselenggara atas hasil rapat pleno antara pengurus KNPI bersama bidang olahraga sehingga kegiatan ini terlaksana sesuai dengan harapan.

“Tujuannya adalah lewat olahraga turnamen ini bisa menambah hubungan silaturrahmi antara Pemuda di Sultra dan juga meningkatkan pesepakbola terbaik,” kata mantan ketua MPM IAIN. Kendari ini.

Mantan Sekjen HMI Cabang Kendari ini menambahkan, turnamen ini dilaksanakan adalah bentuk kepedulian KNPI Sultra terhadap pemerintah Provinsi Sultra dalam mendorong prestasi olahraga pemuda dab pesepakbola di Sultra.

“Ini merupakan bentuk kontribusi nyata bagi KNPI Sultra bagaimana bisa ikut berperan memajukan prestasi sepakbola di Indonesia khususnya di wilayah Sultra,” tambahnya.

Penyerahan uang pembinaan oleh Ketua Panitia KNPI CUP-I, Muh. Iksan Saranani

Terpisah, Ketua panitia Turnamen KNPI -Cup I, Muh. Iksan Saranani mengatakan, tujuan  kegiatan ini adalah untuk memajukan olahraga sepakbola di Sultra dan juga ajang pencarian bakat pemain muda.

“Khususnya untuk persiapan mengikuti liga tiga dan liga dua ke depan. Dan ivent terdekat ini adalah persiapan Pekan Olahraga Provinsi  (Porprov) yang akan berlangsung di Kabupaten Buton dan Kota Baubau pada Desember mendatang,” katanya terpisah.

Dirinya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak yang turut serta dan berperan menyukseskan kegiatan turnamen tersebut. Baik,  dari panitia, pengurus KNPI Sultra maupun pihak lainnya. Dan terkhusus kepada para wasit yang telah memimpin pertandingan sehingga berjalan dengan lancar dan sukses.

“Terimakasih kepada seluruh manager tim club yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dan saya ucapkan selamat kepada para club yang telah meraih juara. Jangan dilihat berapa  besar hadiahnya, tapi ini sebagai ajang pengembangan bakat dan juga silaturrahmi antara pemuda di Sultra lewat kegiatan olahraga,” tandasnya.

Ditambahkan, dalam turnamen ini,  selain menyiapkan hadiah pembinaan bagi para club yang juara, juga memberikan hadiah bagi pemain terbaik, kiper terbaik dan topscorer. Dengan masing-masing hadiah uang tunai satu juta.

Laporan : Redaksi