Harian Kendari

Angkat Tema Budaya Mekongga, Disaigner Asal Kolaka Raih Best Desaigner Dalam Fashion Show Paris Van Java

HARIANKENDARI.COM, KENDARI – Desaigner Nur Hikmah Ramli asal Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara raih penghargaan Best Desaigner pada kegiatan Parade Fashion Show Paris Van Java, oleh Islamic Fashion Institute (Sekolah Desaiger Muslim pertama di Indonesia), yang diselenggarakan di Kota Bandung, pada Selasa 27 September 2022.

Pada kegiatan tersebut ia meraih penghargaan Best Student atau Best Desaigner, dengan mengangkat ciri khas Kabupaten Kolaka dengan tema khazanah budaya mekongga.

Desain pakaian yang ditampilkannya dengan teknik tenunan detail motif bunga anggrek, opnesel kain, dan anyaman digunakan sebagai konsep desainnya. Desainnya juga mengaplikasikan wastra tenun Sulawesi Tenggara yaitu tenun ikat dengan motif rumah adat suku mekongga dan unsur budaya sehingga menambah nilai filosofinya.

Nur Hikmah Ramli menyampaikan kegembiraan dan kesyukurannya dapat mengenalkan kearifan lokal tenun daerah suku mekongga.

“Ini sebuah kebanggaan tersendiri sebagai putri daerah Kolaka,” katanya saat dihubungi via seluler, Rabu (28/9/22).

Ia juga menyampaikan, raihannya kali tidak terlepas dari dukungan keluarga, sahabat, dan juga pemerintah daerah Kolaka.

Olehnya itu ia berharap, dapat berkolaborasi bersama UMKM serta pemerintah daerah untuk mengembangkan tenun daerah yang dimiliki oleh setiap Kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara.

Ia juga berharap, kedepan tenun daerah dapat dijadikan bagian dari mode fashion anak muda, tidak terbatas pada kegiatan seremonial dan lingkungan pemerintah saja.

“Harapan saya kedepan tenun daerah, bisa dijadikan bagian dari mode fashion anak muda tidak terbatas pada kegiatan seremonial dan lingkungan pemerintah saja,” ungkapnya

Akhirnya, ia berpesan dan mengajak pemuda dan pemudi daerah Sulawesi Tenggara untuk selalu menjaga kearifan lokal dan terus mengenalkan budaya Sulawesi Tenggara di kanca nasional hingga Internasional.

“Percaya diri, rendah hati, nikmati proses untuk memberikan yang terbaik,” pungkasnya.

Laporan : Sulthan
Editor : Redaksi