Harian Kendari

Penuhi Hak Anak, DP3A Konsel Sosialisasi Masjid Ramah Anak

HARIANKENDARI.COM, KONSEL – Dalam rangka memenuhi hak anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) sosialisasi Masjid Ramah Anak di salah satu Hotel yang ada di Kota Kendari. Kamis, 8 September 2022.

Kegiatan itu dihadiri Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Sitti Chadidjah dan peserta dari perwakilan masjid Desa/Lurah se-Kabupaten Konsel.

Pj. Sekda Konsel, Hj. Sitti Chadidjah dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengelola masjid tentang Masjid Ramah Anak kemudian menciptakan kenyamanan bagi anak-anak dalam melakukan aktivitas positif, inovatif dan kreatif.

“Terwujudnya masjid yang aman dan nyaman bagi anak-anak sehingga masjid menjadi salah satu bagian dari aktivitas keseharian dalam pemanfaatan waktu luang anak dan tempat untuk pembentukan karakter yang baik bagi anak,” ungkapnya.

Untuk itu, perlunya komitmen bersama dalam menciptakan Masjid Ramah Anak untuk menciptakan masa depan bangsa yang lebih berintegritas, berkualitas dan berakhlaqul karimah.

“Saya berharap, nantinya kegiatan sosialisasi masjid ramah anak ini dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat khususnya dalam upaya pemenuhan hak-hak anak di Konsel,” harapnya.

Selain itu, Kepala DP3A Kabupaten Konsel, Hj. ST Hafsa menjelaskan, sosialisasi Masjid Ramah Anak digelar dalam rangka memenuhi beberapa indikator yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan kabupaten layak anak.

“Salah satunya terbentuk pusat kreativitas anak di setiap kabupaten. Pusat kreativitas anak saat ini yang sedang dikembangkan di pusat adalah kreativitas anak yang berbasis rumah ibadah yakni masjid ramah anak sebagai tempat ibadah umat muslim,” jelasnya.

Saat ini, aktivitas keseharian yang dilakukan oleh pengurus masjid dan tokoh agama yaitu sebagai peran pengasuhan dan pendidikan bagi jamaah dan anak-anak.

Sementara, kata Dia, belum banyak masjid yang berorientasi pada kepentingan terbaik untuk anak yang menghargai hak-hak anak serta melindungi anak dari berbagai bentuk kekerasan dan diskriminasi.

“Kami berharap, dengan adanya sosialisasi ini dapat mewujudkan masjid yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi anak hingga mampu memenuhi dan menghargai hak-hak anak,” harapnya.

Laporan : Redaksi