Harian Kendari

Produk UMKM Binaan GKP Ramaikan Pekan Produk Unggulan Sultra

HARIANKENDARI.COM, KENDARI – Dua produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PT. Gema Kreasi Perdana (GKP) mohawi (kripik kelapa) dan samaturu (jambu mete) ikut dipamerkan dalam produk unggulan daerah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Acara yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata Sultra itu, dalam rangka pengembangan dan peningkatan ekonomi kreatif produk unggulan Sultra.

Dalam ekspo produk unggulan daerah yang diselenggarakan di salah satu Hotel yang ada di Kota Kendari, Rabu (7/9/2022) produk UMKM binaan PT. GKP ikut mewakili produk unggulan ekonomi kreatif Kabupaten Konawe Kepulauan. Keikutsertaan itu setelah PT. GKP mendapatkan sertifikat izin pangan industri rumah tangga.

“Sebelumnya, produk kripik kelapa dan jambu mete hanya dipasarkan di lingkungan yang masih terbatas yakni karyawan maupun masyarakat. Belum dijual umum maupun diikutkan dalam ekspo,” kata CSR PT. GKP, Aldo Sastra.

Aldo menjelaskan, keikutsertaan tersebut sekaligus memperkenalkan dan meningkatkan pasar produk agar dikenal lebih luas.

“Kami optimis, produk UMKM binaan kami memiliki daya saing dengan produk lain dan menjadi produk unggulan Konawe Kepulauan,” jelasnya.

Ke depan, kata Aldo, selain ikut dalam ekspo maupun pameran, PT GKP juga bakal melakukan kerjasama dengan berbagai pihak sehingga pemasaran produk bisa lebih meluas.

“Kita masih akan terus menjajakan pasar yang lebih luas lagi. Untuk produksi kami siap berapapun jumlahnya,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Belli Hari Tombili mengungkapkan, kegiatan pekan ekonomi kreatif yang digelar itu merupakan langkah positif untuk meningkatkan daya saing produk-produk unggulan daerah di Sultra.

“Kami berharap, kegiatan ini mampu meningkatkan ekosistem ekonomi kreatif di seluruh daerah di Sultra,” ungkapnya saat membawakan sambutan pembukaan kegiatan.

Laporan : Redaksi