Harian Kendari

Sandiaga Uno Visitasi ke Air Terjun Moramo Sumbersari Konsel

HARIANKENDARI.COM, KONSEL – Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) merupakan program Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam rangka memberikan apresiasi kepada masyarakat penggerak sektor pariwisata dalam upaya percepatan pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa.

Diketahui Kabupaten Konawe Selatan melalui Desa Wisatanya Air Terjun Moramo Sumbersari telah masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dan selanjutnya menuju tahapan seleksi 10 besar ADWI yang ditandai dengan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno di Desa Sumbersari Kecamatan Moramo pada Jum’at, (26/8/2022)

Sambutan hangat dari Bupati Konawe Selatan H. Surunuddin Dangga dan jajaran serta segenap masyarakat yang turut hadir membuat Sandiaga Uno selain takjub dengan keindahan Air Terjun, dirinya juga mengapresiasi sinergitas pemerintah dan masyarakat dalam kekompakannya mendukung program ADWI yang digagasnya.

Sandiaga Uno mengungkapkan, program ADWI diharapkan akan memberikan semangat dan harmonisasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah dan masyarakat desa, serta penggiat pariwisata.

“Semangat Kebangkitan Pariwisata Indonesia menyebarkan kreatifitas unggulan yang dimiliki desa wisata. Tahun ini, Kemenparekraf mempersembahkan Anugerah Desa Wisata (ADWI 2022) dengan tema “Indonesia Bangkit,” ungkapnya.

Setelah peluncuran ADWI 2022 pada tanggal 18 Februari 2022 lalu, Sandiga Uno juga menambahkan bahwasannya tema ADWI tahun ini sejalan dengan semangat yang diusung dalam Presidensi G20 Indonesia yang mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”.

Laporan : Redaksi