Harian Kendari

DPRD Kota Kendari Umumkan Akhir Masa Jabatan Walikota dan Wakil Walikota Kendari

HARIANKENDARI.COM, Kendari – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Kendari umumkan akhir masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Kendari di ruang Rapat Paripurna, Senin (24/8/22).

Pengumuman akhir masa jabatan tersebut dilaksanakan dalam rapat Paripurna DPRD Kota Kendari berdasarkan amanat ketentuan pasal 78 ayat 2 huruf a dan pasal 79 ayat 1, undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah yang mana diformulasikan kalimatnya sehingga berbunyi :
Kepala daerah dan atau Wakil kepala daerah berhenti karena berakhir masa jabatannya, Pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna.

Pengumuman tersebut juga berdasarkan surat masuk nomor : 131.74/3467 perihal penyampaian pelaksanaan rapat paripurna, pengumuman masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Kendari periode 2017-2022.

Dalam pengumuman tersebut, masa jabatan Walikota Kota Kendari Zulkarnain dan Wakil Walikota Kendari dr. Siska berakhir pada tanggal 9 Oktober 2022.

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan saat diwawancarai awak media seusai rapat tersebut, mengapresiasi kinerja pemerintah Kota Kendari dalam menjalankan amanah.

Menurutnya, Walikota dan wakil Walikota kendari berhasil menjalankan roda kepemerintahan dan mencapai visi dan misi yang digaungkan, terlebih saat masa pandemi Covid 19 tahun 2020 hingga 2022.

“Ditengah keterbatasan yang ada saya rasa pemerintah Kota Kendari sudah sangat luar biasa,” katanya.

Tak tanggung-tanggung, Politisi PKS ini juga memberikan contoh salah satu bentuk keberhasilan Kepemimpinan Walikota Kendari dan Wakil Walikota Kendari salah satunya adalah jalan rute luar Kota Kendari.

Sejatinya, jalan tersebut menurutnya jika dikerjakan menggunakan PAD maka akan memakan anggaran 500 miliar.

Tetapi kata subhan, karena langkah kebijakan, inovatif, serta langkah koordinasi ke pemerintah provinsi seeta pusat, maka jalan tersebut dapat di bangun dengan alih fungsi menjadi jalan nasional dan sedang dalam proses pengerjaan.

“Sudah dalam proses pengerjaan, dan semoga diakhir tahun dapat terselesaikan,” harapnya.

Olehnya itu ia menyampaikan apresiasinya walaupun ada beberapa program kerja yang sedang berjalan mesti diselesaikan hingga akhir masa jabatan.

“Ada penanganan banjir, penanganan sampah yang sedang digalakkan dan semoga dapat dituntaskan, serta Kendari terang juga saya rasa menjadi suatu hal yang sangat patut kita apresiasi,” ungkapnya.

Reporter : Andi Sulthan
Editor : Redaksi