Harian Kendari

Berkunjung di Sultra, Mentan RI : Siapkan Saya Lahan 1000 Hektare

Mentan, Syahrul Yasin Limpo saat memberikan sambutan dalam kunjungan nya di Desa Cialam, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto : Istimewa

HARIANKENDARI.COM, KENDARI – Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI), Syahrul Yasin Limpo, meminta Gubernur dan Bupati di Sulawesi Tenggara (Sultra) menyediakan 1000 hektar lahan pertanian.

Hal ini disampaikan saat Mentan berkunjung di Desa Cialam Jaya, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (19/8/2022).

“Ada sebuah upeti pak Gubernur, siapkan saya 1000 hektar lahan pertanian dari yang ada tadi,” ungkap Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Permintaan penyediaan 1.000 hektare lahan di daerah yang memiliki komoditi pertanian dan perkebunan dengan harapan untuk meningkatkan produksi hasil pengolahan pertanian.

Permintaan penyediaan 1.000 hektar lahan di daerah dimaksud untuk menumbuhkan komoditi pertanian dan perkebunan agar hasil pengolahan pertanian meningkat.

Menurut mantan Gubernur Sulsel ini, Pertanian akan semakin maju, Indonesia menempati posisi ke-dua terbaik se-Asia Tenggara dari segi produktivitas.

Jika di kalkulasi, satu hektare menghasilkan Rp. 30 juta rupiah dari hasil pertanian masyarakat, maka dengan 1.000 hektar lahan dapat meningkatkan penghasilannya sampai Rp. 30 miliar dalam seratus hari.

“Tadi telah disampaikan oleh pak Gubernur, 300 juta lebih manusia terancam kelaparan dan yang bisa di jual itu hanya pertanian,” katanya

Olehnya itu, Syahrul Yasin Limpo juga memberikan batas konsep penyediaan 1.000 hektare lahan untuk pertanian sampai pada 30 Agustus 2022.

“Lewat dari tanggal 30 Agustus, saya lupakan kamu, tidak ada saling tunggu menunggu dan jangan mengkhayal, ini baru dilihat boleh atau tidak,” tegasnya.

Laporan : Andi
Editor : Redaksi