Harian Kendari

Upacara HUT Kemerdekaan RI, Ketum PB HIPTI : Pakaian Adat Tolaki Pantas Dikenakan Presiden

Ketua Umum PB HIPTI, Rusmin Abdul Gani. Foto : Istimewa

HARIANKENDARI.COM, KENDARI – Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. Joko Widodo dikabarkan bakal mengenakan pakaian adat Sulawesi Tenggara (Sultra) pada upacara peringatan kemerdekaan 17 Agustus 2022.

Menanggapi kabar tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI), Rusmin Abdul Gani, menyampaikan pakaian adat Tolaki pantas digunakan pada upacara HUT Kemerdekaan RI nanti.

Kata Dia, Pakaian adat tersebut merupakan salah satu simbol kebanggaan masyarakat Sultra khususnya Kota Kendari.

Kota Kendari saat ini menjadi salah satu icon kebangkitan ekonomi nasional baik secara industri dan menjadi motor penggerak meningkatnya ekonomi nasional.

“Kendari telah menjadi icon kebangkitan ekonomi nasional dimana investasi terkait industrialisasi khususnya nikel yang menjadi motor penggerak meningkatnya ekonomi nasional dan pendapatan negara,” Kata Rusmin Abdul Gani, Minggu (14/8/22).

Selain itu, menurut Rusmin Abdul Gani yang kerap disapa RAG, Kota Kendari juga menjadi kota yang sering dikunjungi investor baik dalam dan luar negeri.

Dikenakannya pakaian adat Tolaki pada acara HUT Kemerdekaan RI ke-77, merupakan kebanggaan besar masyarakat Sultra.

“Kota Kendari juga kota yang sering di kunjungi presiden Jokowi. Sebuah kebanggan besar bagi masyarakat Tolaki secara umum, jika pakaian adat Tolaki dikenakan pada acara HUT Kemerdekaan RI ke-77 kali ini,” pungkasnya.

Reporter : Andi
Editor : Redaksi