Harian Kendari

Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat, Pemkot Kendari Bersama Bank Sultra dan Baznas Teken MoU

HARIANKENDARI.COM, KENDARI – Tingkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga keuangan, Pemerintah Kota Kendari bersama Bank Sultra dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz) teken MoU, Jumat (12/8/2022).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, selain meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga keuangan, kerjasama tersebut juga merupakan salah satu upaya melindungi pelaku UMKM di Kota Kendari dari paktek rentenir yang dinilai banyak merugikan pelaku usaha.

“Dengan MoU ini mereka bisa lebih dekat dengan perbankan dan lembaga keuangan serta tidak terjebak lagi pada praktek rentenir,” kata Sulkarnain Kadir.

Menurutnya, praktek rentenir yang menjanjikan bunga pinjaman rendah bagi pelaku UMKM tidak membuat mereka mengalami peningkatan bahkan sebagian dari mereka mengalami kesulitan dalam membayar ansurannya.

“Karena kita tau kadang-kadang rentenir sebut satu persen bunganya, tapi perhari. Jadi kita tidak mau mereka terjebak supaya usaha mereka berkembang. Jangan sampai mereka sudah berusaha dengan baik tapi keuntungannya tersedot membayar beban kredit yang ada di rentenir,” tuturnya.

Selain itu Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif mengatakan, MoU yang dibangun oleh Pemkot Kendari merupakan upaya untuk membantu pelaku UMKM yang selama ini belum bisa mengakses lembaga keuangan.

“Untuk membantu pelaku-pelaku UMKM, selama ini mereka belum bisa mengakses perbankan masih terjerat oleh rentenir,” tukasnya.

Laporan : Hame
Editor : Redaksi