Harian Kendari

Gubernur Sultra Resmi Buka MTQ Provinsi Sultra Ke 29

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi saat membuka kegiatan MTQ ke 29 tahun 2022

HARIANKENDARI.COM, Kendari – Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Se-Sulawesi Tenggara ke dua puluh sembilan resmi di buka, di phinisi ballroom hotel claro Kota Kendari, Rabu (10/8/2022).

Kegiatan tersebut mengusun tema “MTQ Nusantara, Merdeka Bertoleransi, Bersahabat, Bermartabat, Menyongsong 77 Tahun Indonesia Merdeka” Resmi dibuka oleh gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi mengungkapkan, ia menyambut baik inisiatif dari panitia dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sultra untuk menjadikan MTQ ini sebagai momentum memperkokoh kerukunan antar umat beragama.

“Kegiatan ini merupakan syiar Islam dan hubungan harmonisasi antar umat beragama di Sulawesi Tenggara,” ungkapnya.

Lanjut, Ali Mazi, ia menerangkan Musabaqoh Tilawatil Qur’an ini adalah event yang telah ada sejak tahun 1940 hingga saat ini dan telah mengalami perkembangan.

Perkembangan kemasan kegiatan MTQ ini juga tidak hanya merangkul umat Islam tetapi seluruh umat beragama untuk saling hidup bersama toleran dalam keyakinan agama masing-masing.

“Tadi ada kegiatan pawai ta’aruf, karnaval, diikuti semua paguyuban, semua agama, hidup bersama dengan toleransi beragama yang sangat tinggi,” katanya.

Lanjut orang nomor satu di Sultra ini, melalui MTQ ini juga, para peserta tidak hanya berkompetisi merebutkan juara, tetapi turut serta membimbing masyarakat untuk lebih memahami baca tulis Qur’an.

“Minimal kita mulai dari anak-anak, SD sampai dengan bagaimana mereka bisa membaca Al-Qur’an,” harapnya.

Olehnya itu, ia mengungkapkan, pelaksanaan MTQ ini merupakan bagian pprogra prioritas Pemerintah Sulawesi Tenggara yakni Sultra Beriman.

“Saya selalu gubernur Sultra mendorong dan mendukung penuh upaya penyuksesan kegiatan MTQ ini, khususnya penyediaan alokasi anggaran kegiatan,” katanya.

Reporter : Andi