Harian Kendari

Curah Hujan Tinggi, Air Sungai Meluap Genangi Jembatan Akses Dua Kecamatan di Konkep

HARIANKENDARI.COM, Wawonii – Tingginya curah seminggu sepekan ini, menyebabkan air sungai di jembatan penghubung Desa Wawoone Kecamatan Wawonii Selatan dan Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan Sulawesi Tenggara meluap dan menutupi jalan, Rabu (10/8/22).

Hasil monitoring pihak Polsek Wilkum Polsek Wawonii Tengah dilapangan, debit air sampai saat ini masih menutupi jembatan setinggi bahu orang dewasa.

“Akibat dari kejadian tersebut akses jalan menuju ke Kecamatan Wawonii Selatan dan Ke Kecamatan Wawonii Tenggara terputus,” Kata Kapolsek Wawonii Tengah, Iptu Muh Arsan.

Lanjut, kata Iptu Muh. Arsan dalam keterangan tertulisnya, meluapnya air sungai di jembatan Desa wawoone diakibatkan tingginya curah hujan di Kabupaten Konkep dan sempitnya aliran sungai serta banyaknya pepohonan yang tumbang sehingga menghambat aliran air sungai.

Selain itu,dikarenakan debit air yang tinggi juga menyebabkan rumah warga sekitar bantaran sungai terdampak banjir tersebut.

“Air masuk ke halaman rumah setinggi lutut orang dewasa,” ungkapnya.

Hingga saat ini, belum terdapat korban materil maupun korban jiwa akibat luapan air di Desa Wawoone dan sampai saat ini Hujan masih turun. Diperkirakan air akan meluap ke persawahan dan pemukiman warga disekitar sungai Desa Wawoone. (Redaksi)