Harian Kendari

HUT Kemerdekaan RI ke-77, Pemda Bombana Pameran Pembangunan

HARIANKENDARI.COM, BOMBANA – Pameran pembangunan Kabupaten Bombana dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 resmi di buka.

Upacara pembukaan pembangunan itu digelar di Pelataran RTH, Kecamatan Rumbia, Bombana, Selasa (9/8/2022).

Bupati Bombana H. Tafdil, SE mengatakan, pameran pembangunan bertujuan untuk mendukung dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022.

Selain itu, untuk mensosialisasikan program dan hasil-hasil pembangunan yang berlangsung baik dari organisasi pemerintah, swasta maupun dari Kecamatan se-Kabupaten Bombana.

“semua itu dimaksudkan untuk memberi dan menyatukan semangat juang inspirasi menggalang masyarakat Kabupaten Bombana,” katanya.

Pameran itu merupakan bagian dari proses yang bertujuan untuk mempersiapkan para pelaku industri pangan khususnya para UMKM di kecamatan untuk mempromosikan produk pangan UMKM yang kompetitif.

“Juga menumbuhkan pemahaman mengenai aspek-aspek mutu dan keamanan produk dan membangkitkan minat untuk memperluas lapangan pekerjaan,” tuturnya.

Ia mengaku, pameran seperti itu sangat jarang diselenggarakan sebelumnya sehingga dalam momentum memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 itu Pemda Bombana menginginkan agar masyarakat dapat berkunjung dan menikmati hasil-hasil bumi wonua Bombana.

“Selama ini ada banyak potensi alam yang kita miliki dan dapat menjadi hasil olahan pangan yang dapat dipasarkan melalui UMKM,” ungkapnya.

“Olehnya itu saya mengimpor pula kepada dinas sektor pengembangan UMKM potensi yang terdapat di seluruh Kecamatan melalui pameran yang kita selenggarakan hari ini sehingga dapat kita dapatkan manfaatnya dari penyelenggaraan pameran tersebut,” sambungnya.

Selain pameran pembangunan, kata Dia, juga dilaksanakan kegiatan lomba olahraga dan seni antar sekolah dan Kecamatan se-Kabupaten Bombana.Untuk diketahui, pembukaan pameran pembangunan Kabupaten Bombana itu ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Bombana. (Red)