Harian Kendari

SPBU di Kota Kendari Meledak, Nyaris Ludes Terbakar

SPBU Tapak Kuda. Foto : Istimewa

HARIANKENDARI.COM, KENDARI – Stasiun penampungan bahan bakar umum alias SPBU Tapak Kuda By Pass Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga Kota Kendari meledak dan nyaris ludes terbakar, Sabtu (6/8/2022) sekira pukul 17.10 Wita.

Saksi mata, Pengawas SPBU Andriani Ruslan (29) mengatakan, sekitar pukul 17.10 Wita, SPBU Tapak Kuda terjadi pengisian BBM jenis pertalite terhadap satu unit mobil Honda Brio berwarna silver hingga diduga terjadi arus pendek korsleting di pulau satu mesin dispenser SPBU.

“Melihat percikan api di pulau satu saya lalu menekan tombol emergency di mesin dispenser dan mengambil satu buah Apkar, lalu menyemprotkan ke mesin dispenser,” kata Andriani.

Saksi lain, Teknisi SPBU Yanuar (30) menambahkan, bahwa setelah pihaknya memeriksa mesin dispenser satu, dua, tiga dan empat, ia menemukan di dalam mesin dispenser atau pompa SPBU di pulau satu ada komponen yang hangus.

“Penyebabnya diduga akibat arus atau tegangan listrik yang naik turun,” tambah Yanuar.

Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman membenarkan kejadian tersebut, pihaknya telah menurunkan personel di lokasi kejadian. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kali ini, bahkan regu pemadam kebakaran yang turun ke lokasi hanya melakukan pendataan karena api yang masih bisa ditangani oleh pegawai SPBU.

“Situasi SPBU saat ini dalam keadaan aman dan terkendali,” tuturnya.

Sejauh ini SPBU Tapak Kuda menutup sementara penjualan BBM. Pihak depot Pertamina dan teknis SPBU akan melakukan pengecekan terhadap semua mesin dispenser SPBU. (red)