Harian Kendari

Catat! Jadwal, Niat Puasa Tasua dan Asyura Tahun 2022 Berikut Keutamaannya

HARIANKENDARI.COM – Bulan Muharram dalam kalender hijriah merupakan momen istimewa dalam Islam. Bulan ini dikenal dengan syahrullah atau bulan Allah SWT.

Terdapat beberapa amalan sunnah yang dapat dikerjakan kaum Muslimin di bulan ini. Beberapa amalan tersebut adalah puasa Tasua dan puasa Asyura.

Puasa Tasua dan puasa Asyura adalah sebaik-baiknya puasa setelah puasa Ramadan. Hal itu tergambar dalam sabda Nabi Muhammad Saw: “Sebaik-baik puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah, yaitu Muharam. Dan salat yang paling utama setelah salat wajib adalah shalat malam,” Hadist Riwayat Muslim.

*Lantas kapan puasa Tasua dan Asyura dilaksanakan?*

Pada kalender Masehi 2022, puasa Tasua jatuh pada 7 Agustus. Sementara puasa Asyura dilaksanakan pada 8 Agustus.

Namun, niat puasa Tasua dan Asyura wajib dilafazkan di dalam hati jika ingin melaksanakannya.

Sehingga Niat puasa Tasua dan Asyura wajib diketahui dan dibaca karena sangat menentukan nilai dari amalan yang dilakukan. Niat puasa Tasua dan Asyura menjadi pembeda sebagai perbuatan ibadah di bulan Muharram.

*Berikut niat puasa Tasua dan Asyura.*

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُوعَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shauma Taasuu’aa-a lilaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya niat puasa Tasu’a karena Allah ta’ala.

Sementara bacaan niat puasa Asyura seperti berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُورَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shauma aasyuuraa-a lilaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya niat puasa Asyura karena Allah ta’ala.

Selain niat secara khusus puasa Tasua dan Asyura, ada juga niat puasa mutlak Muharram yang lebih umum. Berikut bacaannya:

نَوَيْتُ صَوْمَ الْمُحَرَّمِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shaumal Muharrami lilaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya niat puasa Muharram karena Allah ta’ala.

*Kapan waktu untuk membaca niat puasa Tasua dan Asyura?*

Membaca niat Tasua dan Asyura wajib dilafazkan dalam hati terlebih dahulu sebelum mengamalkannya. Niat puasa dapat dibaca melalui lisan untuk memperkuat.

Niat puasa Tasua dan Asyura dapat dilakukan sejak malam hari hingga siang. Siang yang dimaksud adalah sebelum masuk waktu zawal atau saat matahari tergelincir ke barat.

Namun, niat puasa Tasua dan Asyura dapat dilakukan siang hari dengan syarat belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar atau sejak masuk waktu subuh.

Bolehnya niat puasa sunah Tasua dan Asyura di pagi hari ini tergambar dalam hadis riwayat Aisyah RA ia berkata:

“Nabi SAW pernah menemuiku pada suatu hari lantas beliau berkata: ‘Apakah kamu memiliki sesuatu untuk dimakan?’ Aku pun menjawab: ‘Tidak ada’.

Beliau pun berkata: ‘Kalau begitu saya puasa saja sejak sekarang’. Kemudian. di hari lain beliau menemuiku, lalu aku katakan pada beliau: ‘Aku baru saja dihadiahkan hays [jenis makanan berisi campuran kurma, samin, dan tepung]’

Lantas, beliau bersabda: ‘Berikan makanan tersebut padaku, padahal tadi pagi aku sudah berniat puasa’. Lalu beliau menyantapnya,’ Hadist Riwayat Muslim.

*Keutamaan puasa Tasua dan Asyura.*

Setelah mengetahui niat puasa Tasua dan Asyura sebaiknya mengetahui keutamaan kedua amalan bulan Muharram ini.

Secara umum berpuasa satu hari di bulan Muharram pahalanya sama dengan puasa 30 hari atau satu bulan penuh.

Secara khusus keutamaan puasa hari Asyura pada tanggal 10 Muharram yakni menjadi pelebur dosa setahun yang telah lewat. Berikut bunyi hadis imam Muslim tentang keutamaan puasa Asyura:

عَنْ أَبي قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صِيامِ يَوْمِ عَاشُوراءَ، فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ المَاضِيَةَ. (رواه مسلم)

Artinya: Diriwayatkan dari Abu Qatadah ra: “sungguh Rasulullah saw bersabda pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab: Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat,” Hadist Riwayat Muslim.

Sementara puasa Tasua pada 9 Muharram adalah pelengkap dari puasa Asyura. Dimana puasa ini sebagai pembeda umat Islam dengan Yahudi yang juga melaksanakan puasa di hari Asyura. Penjelasan ini dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan imam Ahmad sebagai berikut:

عَنِ ابْنِ عَبَّاس رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا مَرْفُوعًا: صُومُوا يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَخَالِفُوا الْيَهُودَ، صُومُوا يَوْمًا قَبْلَهُ أَوْ يَوْمًا بَعْدَهُ (رواه أحمد)

Artinya : Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra dengan status marfu (Rasulullah bersabda): “Puasalah kalian pada hari Asyura dan bedakan dengan kaum Yahudi, puasalah kalian sehari sebelum atau sesudahnya,” Hadist Riwayat Ahmad. (red)