Harian Kendari

Bupati Konawe Selatan dan Exim Bank serta OJK Tandatangani MoU Klaster Desa Devisa

HARIANKENDARI.COM, KONSEL – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama dengan Bank Indonesia (BI) Sultra mengadakan seminar edukasi keuangan dengan tema “Peran Digitalisasi Dalam Mendorong Peningkatan Inklusi Keuangan”.

Seminar yang merupakan rangkaian penutup dari Expo UMKM yang telah dilaksakan pada tanggal 20 hingga 23 Juli 2022 di pelataran Eks-MTQ Kendari ini dilaksanakan di salah satu hotel di Kendari, Kamis 4 Juli 2022.

Dalam kegiatan ini, dilaksanakan penandatanganan kerja sama MoU klaster Desa Devisa bersama Exim Bank dan Bupati Konawe Selatan (Konsel) Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, ST. MM mengatakan, Desa Devisa merupakan program pendampingan yang diinisiasi oleh Indonesia Eximbank berbasis community development.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat lokal dan mengembangkan komoditas unggulan desa, khususnya di Konsel. Komoditas unggulan tersebut yakni kopi.

“Lewat MoU ini, kita mendapat dukungan dari BI. Dimana BI melakukan pendampingan kepada para kelompok tani di desa hingga proses pemasarannya,” kata Surunuddin.

Menurutnya, lewat MoU ini Pemkab Konsel siap memberikan fasilitas apapun yang dibutuhkan para kelompok tani.

“Seperti akan ada study banding di kelompok tani ke Jember. Hal ini dilakukan agar komoditas unggulan ini bisa diekspor,” ujarnya.

Ke depan, katanya, tak hanya kopi, sawit dan porang juga mulai digarap.

“Semua di 336 desa di Konsel kita akan kembangkan berdasarkan potensinya. Ada sawit, kopi dan porang,” pungkasnya. (Hd)