Harian Kendari

Rumah Kebangsaan Sebagai Sarana Pemuda Produktif

HARIANKENDARI.COM, Kendari – Rumah Kebangsaan (RK) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang di gagas oleh Cipayung plus dan di dukung oleh polda Sultra, resmi di launching, di Kawasan Kolam Retensi Boulevard (Sentral UMKM Lepo-Lepo) pada Kamis (4/8/22).

Rumah Kebangsaan (RK) Sulawesi Tenggara merupakan tindaklanjut dari ikhtiar Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, dan diteruskan oleh Bapak Kapolri dengan meresmikan Rumah Kebangsaan Ciapyung plus di Jakarta, Pada tanggal 27 Juni 2022

Dari peresmian tersebut, dilanjutkan oleh Kapolda Sultra dimana Direktorat Intelkam sebagai leaning sektornya.

Rumah Kebangsaan ini sebagai wadah dalam penyelesaian kekinian terkait kesatuan dan persatuan Bangsa khususnya Sulawesi Tenggara dengan mengedepankan Local Wisdom.

“Kita mengedepankan Prinsip Pentahelix menyelesaikan isu dengan berbasis data dengan kaidah Ilmiah,” Kata Andi Baso Amirul Haq saat memaparkan visi-misi rumah Kebangsaan.

Ditempat yang sama, Wakapolda Sultra, BJP. Waris Agono menjelaskan rumah Kebangsaan ini mampu menjadi wadah mempertahankan persatuan dan kesatuan dan menjaga pluralisme di Sultra.

“Pemuda menjadi pilar utama dalam Kebangkitan Nasional Indonesia,” Katanya saat memberikan sambutan.

Olehnya itu, ia berharap rumah Kebangsaan dapat menjadi failed project untuk gagasan kepada pemerintah baik di pusat maupun daerah.

“Lewat rumah Kebangsaan ini dapat melahirkan gagasan kepada Pemerintah baik di Pusat maupun Daerah dan mendukung situasi Kamtibmas di Sultra,” ungkapnya.

Sementara itu, Dir Intelkam Polda Sultra Kombespol Nanang Supriatna menjelaskan, rumah Kebangsaan ini wadah yang menghimpun pemuda untuk bersama-sama membangun Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Pemuda dapat mendorong dan bersinergi dengan pemerintah, forkopimda dan segala sektor untuk mendorong kesejahteraan dan keamanan masyarakat,” katanya saat diwawancarai awak media disela kegiatan.

Lanjut, ia memaparkan rumah Kebangsaan ini melibatkan mahasiswa, Cipayung plus, Tokoh-tokoh masyarakat, forkopimda dan elemen masyarakat lainnya.

“Melalui rumah Kebangsaan ini kita mencari solusi terbaik dan terbuka untuk umum,” Katanya.

Rumah Kebangsaan diresmikan langsung oleh wakapolda Sultra, BJP. Waris Agono dengan memukul Gong sebanyak 11 kali dan disaksikan oleh perwakilan Masing-masing undangan.

Launching Rumah Kebangsaan Sulawesi Tenggara (Sultra) yang di inisiatori oleh Kapolda dan ditindaklanjuti oleh Dir intelkam polda Sultra lalu menggandeng OKP dengan harapan mampu menjadi wadah bagi kaum muda dalam mewujudkan ide serta gagasan dengan menjalankan program yang berefek pada kemajuan pembangunan daerah.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh, Wakapolda Sultra BJP. Waris Agono, M.Si, Kepala Kesbangpol Prov. Sultra, Kepala BNN Prov. Sultra, Danrem Haluoleo, Danlanal, Danlanud, Perwakilan BINDA, Perwakilan Kejati, Perwakilan Kemenkumham Sultra, Para Ketua OKP Kemahasiswaan dan Kepemudaan, dan Mahasiswa beserta Tamu undangan  sekitar 150 orang. (red)