Harian Kendari

Juara Satu se-Sultra, Desa di Konsel ini Wakili Sultra di Ajang Nasional

HARIANKENDARI.COM, KONSEL – Desa Tambopusa, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), menjadi juara satu lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2022.

Torehan prestasi tersebut membawa Desa Tambopusa berhak mewakili Sultra di ajang serupa tingkat nasional dengan hasil penilaian evaluasi Desa dan Kelurahan tahun 2020 dan 2021 dengan nilai 464 kategori cepat berkembang dan memiliki nilai profil Desa tahun 2021 kategori swakarya.

Keberhasilan Desa Tambopusa dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konsel Annas Mas’ud, Kamis 4 Agustus 2022.

“Kami sudah menerima informasi tersebut, rencananya kami akan mengambil SK yang sudah ditandatangani Gubernur di PMD Sultra,” ungkapnya.

Annas menjelaskan, prestasi itu tidak lepas dari dukungan yang produktif dari Pemda Konsel, OPD Konsel serta Pemerintah Kecamatan Moramo, elemen Pemerintah Desa, dan masyarakat Desa Tambopusa.

Menurutnya, beberapa nilai tambah yang dimiliki oleh desa Tambosupa yang kemudian menjadi faktor penentu kemenangan dalam lomba Desa 2022 yakni telah diterapkannya konsep Desa digital dengan memanfaatkan website desa untuk menjadi salah satu sumber informasi masyarakat dan sekaligus dapat melakukan pelayanan beberapa surat elektronik dan mulai memperkenalkan perpustakaan digital.

“Kerjasama antar lintas sektor OPD baik sektor pertanian dalam arti luas dan kesehatan, infrastruktur termasuk perumahan telah mampu merubah wajah Desa Tambosupa menjadi lebih produktif dan makin berkembang,” tambahnya.

Ia menambahkan, kedepannya akan dilakukan pembinaan lintas sektor untuk semakin mengembangkan potensi yang ada antara lain pengembangan wisata Desa dan penataan Desa dalam menyambut penilaian lomba Desa di tingkat Nasional. (Hd)