Harian Kendari

195 Atlit Dayung Berlaga di Festival Dragon Boat Sultra

HarianKendari.com – Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) selenggarakan Festival Dragon Boat.

Kegiatan itu diselenggarakan di Teluk Kendari selama empat hari, sejak tanggal 22 hingga 25 Juli 2022.

Ketua PODSI Sultra, Abdurrahman Saleh menyebutkan, kegiatan itu diikuti 195 atlit dayung perwakilan dari Sultra, Sulawesi Barat (Sulbar) dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Para atlit akan berlaga dengan jarak tempuh 500 meter,” sebutnya, Jumat (22/7/2022).

Ia menjelaskan, cabang olahraga Dayung di Sultra pernah mengalami kejayaan, tetapi seiring pergeseran waktu terjadi penurunan dari masa ke masa.

“Dulu di tahun 1982 di zamannya Gubernur Ir. H. Alala, rutin dilakukan pertandingan dayung di Teluk Kendari ini dan itu pesertanya seluruh Indonesia, jadi datang semua bertanding dan sangat meriah, setelah bertumbuh kembangnya dayung ini tidak pernah lagi ada,” jelasnya.

Untuk itu, kegiatan itu diselenggarakan guna mengangkat kembali pesona atlit dayung dan persiapan kejuaraan pada tahun 2028 mendatang.

Ia berharap dengan adanya festival tersebut, bisa mengembalikan pesona atlit dayung di Sultra yang menjunjung tinggi sportifitas dalam berkompetisi.

” Semoga dalam pertandingan ini, dapat mencetak atlit yang berkualitas dan terbangun sportifitas, serta dapat membangun kebersamaan,” pungkasnya.

Repoter : Asm