Harian Kendari

Pemuda Asal Kolaka Raih Best of The Best Talent pada program IndonesianNEXT.

HARIANKENDARI.COM: IndonesiaNEXT merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) unggulan Telkomsel yang terbuka untuk seluruh mahasiswa di Indonesia dari segala jurusan, dengan jenjang studi mulai dari Diploma hingga S2. Dalam penyelenggaraan Season 6, IndonesiaNEXT juga membuka kesempatan bagi dosen dan tenaga kependidikan untuk turut berpartisipasi.

Muhammad Justi Makmun Jusrin, pemuda asal kabuaten kolaka, Sulawesi tenggara yang saat ini menempuh Pendidikan Pascasarjana pada Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, IPB University berhasil menjadi Best of The Best Talent di program IndonesiaNEXT Season 6 yang diumumkan oleh Telkomsel saat menutup program IndonesiaNEXT Via Zoom, 30 Juni 2022.

Dalam kegiatan ini Telkomsel memilih 34 digital talent dari 10.504 peserta dalam acara Crowning Season 6 sekaligus Kick-off Season 7.  Justi berhasil menjadi best of the best dengan teknologi digitalnya yang berjudul “Sistem Drone Termal Konservasi”.

Justi menjelaskan Sistem tersebut dia gagas karena melihat 2 hal yang pertama kegiatan penanam yang tidak tepat karena pemilihan lahan yang kurang ideal, yang kedua karena data ekologi satwa liar yang cukup rumit dikumpulkan karena menggonakan metode tradisional.

“Konsep yang saya bangun ialah melihat dua hal terkait penanaman yang kurng ideal dan data ekologi satwa liat yang cukup rumit di kumpulkan, sehingga cost yang dikeluarkan tergolong besar akan tetapi butuh waktu yg sangat lama dalam membangun data dan keberhasilan upaya pelestarian, dikarenakan konservasi harus tepat dalam mengambil Langkah dan Tindakan,” tuturnya kepada awak media.

“Sistem Drone Termal Konservasi bermanfaat untuk melihat kelayakan lokasi tanam dan Kesehatan tanaman dalam proses perbaikan lingkungan baik Kawasan hutan maupun Kawasan mangrove dengan memanfaatkan drone dan IoT, selain itu sistem ini juga dapat dimanfaatkan untuk memonitoring pergeraka satwa dilapangan dengan mendapatkan lokasi dari panas tubuh satwa terebut”. Tuturnya

dalam kegiatan yang mengangkat tema Fortitude and Action ini, tercatat sebanyak 10.504 pendaftar dari 695 perguruan tinggi. Mereka menjalani serangkaian kegiatan pengembangan khusus pada program IndonesiaNEXT Season 6.

“Proses ujiannya meliputi International Certification, Soft Skills Assessment, dan Qualification Panels IndonesiaNEXT, selanjutnya mengikuti rangkaian Mulai dari inspiring webinar, hard skills training soft skills training, hingga area dan national bootcamp,” ujarnya yang juga alumnus Program Sarjana KSHE IPB university.

Justi yang juga Mahasiswa Pascasarjana Konservasi Biodiversitas Tropika, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University berharap pengembangan sistem ini dapat berkembang untuk kelestarian alam dan biodiversity Indonesia.

“saya berharap pengembangan sistem ini dapat terus berkembang untuk kelestarian alam dan satwa di Indonesia. Saya Juga Berharap kedepannya pemuda didaerah khususnya wilayah indonessia tengah dan timur dapat memiliki kesempatan yang sama dengan saya, karena saya yakin di luar sana banyak sekali inovasi yang angat bagus akan tetapi tidak di beri peluang dan kesempatan” ujarnya di hadapan Andi Agus Akbar (Senior Vice President Ccorporate Secretary Telkomssel) dan R Muharam Perbawamukti (Director Of Human Capital Management Telkomsel)