Harian Kendari

Himapindo Sultra Optmis GTRA Summit Bisa Dongkrak Kesejahteraan Masyarakat Pesisir dan Pariwasata Wakatobi

HARIANKENDARI.COM, Kendari : Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Presiden Joko Widodo akan membuka GTRA Summit di Marinna Togo Mowondu, Wakatobi, Sulawesi Tenggara (SULTRA) pada 8-10 Mei 2022.

Kegiatan GTRA Summit 2022 di Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara di selenggarakan oleh Kementerian ATR/B sebagai puncak dari rangkaian pembahasan lintas sektor yang juga akan memeriahkan Presidensi G20

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa
Pengusaha Muda Indonesia HIMAPINDO Sultra Ahmad Zainul menyebut bahwa penyelanggaraan kegiatan ini sebagai langkah tepat di tengah upaya pemaksimalan ekonomi pasca Pandemi Covid-19 membuat kondisi perekonomian di wakatobi menurun karena sektor pariwisata yang begitu terdampak.

“Poinya saya fikir adalah pemerintah bergerak dari pusat untuk terus menghidupkan perekonomian di daerah, melalui GTRA Summit 2022 di Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai pesan pemerintah bahwa ada ekonomi pesisir yang perlu di genjot dan ada pariwisata yang harus di bangunkan kembali,”

Pemda dan masyarakat Sultra Terkhusus pemerintah Wakatobi dan juga pelaku industri pariwisata harus bisa menangkap peluang ini. Perhatian pemerintah pusat harus diimbangi semangat yang sama di daerah.

Salah satunya dengan program Reforma Agraria melalui penataan akses melalui Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA), GTRA Summit 2022 di harapkan dapat mendapatkan hasil yang optimal dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Harus di atasi bersama-sama hingga  ekonomi pariwisata normal kembali dan pandemi berakhir. Perlu pendampingan masyarakat masyarakat untuk menyiapkan diri dan situasinya, tentu yang diharapkan dapat adalah potensi ke depan,” tandasnya

Wakatobi patut berbangga dengan penyelengaraan GTRA Summit 2022.  karena produk wisata dan UMKM mendapatkan wadah pemasaran Nasional bahkan Internasional.

“Masyarakat dan milenial Wakatobi bisa memasarkan produk unggulan usahanya, dengan memaksimalkan produk dengan standar nasional,”. Tutupnya