Harian Kendari

Kemenhub RI Rajut Nusantara Lewat Simpul Koneksivitas Antar Pulau di Sultra

HARIANKENDARI.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan pengoperasian KMP Sultan Murhum II di Pelabuhan Rakyat Wanci di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada Kamis 9 Juni 2022.

KMP Sultan Murhum II merupakan Kapal lintas penyeberangan yang melayani rute Kamaru, Kaledupa, Tomia, dah Binongko. Hadirnya KMP Sultan Murhum II menjadi jawaban pemerintah untuk menghubungkan konektivitas antara Daratan dan Pulau terluar di Sulawesi Tenggara.

KMP Sultan Murhum II tidak sebatas angkutan penumpang, tetapi menjadi infrastruktur penting dalam upaya menggulirkan roda perekonomian nasional, khususnya meningkatkan pemerataan ekonomi di Provinsi Sulawesi Tenggara. 

“Kapal ini tidak hanya mengangkut

penumpang, tetapi juga membawa barang dan komoditi,” kata BPTD)

Wilayah XVIII Sulawesi Tenggara,  Benny Nurdin Yusuf, saat ditemui disela-sela persiapan jelang kedatangan Presiden RI Joko Widodo, Selasa (7/6/2022).

Lanjut Benny mengatakan, Selain KMP Sultan Murhum II, Kementerian Perhubungan  (Kemenhub) melalui BPTD Wil XVIII Sultra, telah menghadirkan sarana transportasi di Kabupaten Wakatobi berupa Pelabuhan penyeberangan di Kaledupa, Tomia, dan Binongko yang nantinya diharapkan  menghubungkan daerah-daerah terdepan, terluar dan tertinggal, yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Wakatobi dan Kota Baubau yang dihuni beragam suku, agama, ras maupun bahasa.

“Keberagaman itu, perlu dijembatani dengan infrastruktur konektivitas yang memadai, menjadi simpul antar pulau, serta menjadi urat nadi yang mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tenggara,” ujar Benny.,