Harian Kendari

Aktivis: Kunjungan Jokowi ke Wakatobi Bisa Picu Pariwisata Wakatobi

HARIANKENDARI.COM, Kendari : Presiden Joko Widodo akan membuka GTRA Summit di Marinna Togo Mowondu serta membagikan sertifikat secara door to door di Moola Raya, Wakatobi, Sulawesi Tenggara (SULTRA) pada 8-10 Mei 2022.

Aktivis asal Sultra, Enggi Indra Syahputra   menilai bahwa kunjungan Jokowi ke wakatobi , bisa menjadi trigger bangkitnya sektor pariwisata di Sulawesi Tenggara.

“Secara simbolik kunjungan Presiden Jokowi ke Wakatobi ini, tentu akan membawa benefit yang besar bagi Sultra, terutama di sektor ekonomi dan pariwisatanya,” kata Enggi melalui keterangan, Rabu (8/6/2022).

Pria yang akrab disapa EIS ini mengatakan, perhatian pemerintah pusat yang demikian besar bagi pembangunan wisata di Wakatobi dan Kabupaten lain di Sultra, harus bisa diimbangi pemerintah daerah dan juga masyarakat Wakatobi sendiri.

Menurut dia, kunjungan Presiden Jokowi ke Sultra khususnya ke Wakatobi yang Insyallah akan sering dilakukan, secara tidak langsung menjadi magnet promosi ke dunia luar.

“Sekarang tinggal Pemda, masyarakat terutama pelaku industri pariwisata bisa menangkap peluang-peluang ini. Perhatian pemerintah pusat harus diimbangi semangat yang sama di daerah,” ungkapnya

EIS mengatakan bahwa pasca pelaksanaan GTRA Summit nanti, Wakatobi akan jadi sorotan dunia. Ia optimistis angka kunjungan wisatawan ke Wakatobi akan meningkat tajam setelah itu.

“Wakatobi akan semakin menjadi destinasi dimana tamu yang datang bukan hanya domestik tetapi dari mancanegara dari berbagai belahan dunia. Kami berharap agar dalam hal ini Pemda baik Pemprov Sultra maupun Pemda Wakatobi bisa mulai menata dan menyiapkan SDM lokal agar masyarakat juga bisa menikmati benefit dari angka kunjungan itu,” tandasnya

Masyarakat Wakatobi tak boleh hanya jadi penonton semata. Menurutnya, Pemda harus memberikan insentif untuk masyarakat, berupa kebijakan yang mempermudah akses usaha, bantuan modal usaha, dan pelatihan peningkatan kapasitas bagi para pelaku industri pariwisata dan masyarakat.

Lebih lanjut EIS berharap, agar kunjungan Presiden Jokowi ke Wakatobi 8-10 Juni 2022, bisa dimaknai masyakat Sultra khususnya Wakatobi sebagai momentum kebangkitan ekonomi dan pariwisata daerah ini.

“Ayo kita sambut pak Jokowi dengan kegembiraan dan suka cita” tutupnya.