Harian Kendari

Pantai Batu Gong Tak Terawat, Bupati Kery Diminta Evaluasi Kadispar Konawe

HARIANKENDARI.COM, Kendari- Obyek wisata (Obwis) Pantai Batu Gong dinilai sangat minim perhatian dari Pemerintah Konawe. Terlihat dari kawasan obwis tertua di Sultra yang terletak di Kecamatan Lalonggasumeeto tersebut mulai terdampak abrasi laut.

Pegiat pemuda setempat, Ahmad Zainul sangat menyesalkan minimnya pengelolaan obwis Pantai Batu Gong. Padahal Pantai Batu Gong merupakan salah satu destinasi favorit pada masanya.

“Pantai Batu Gong merupakan salah satu destinasi yang unik dan hanya ada satu di Sulawesi Tenggara. Bahkan dulunya pantai Batu Gong memiliki jumlah pengunjung terbanyak di Sultra,” kata Zainul, Minggu (22/5).

Zainul menyoroti terjadinya abrasi yang cukup parah hingga mendekati pemukiman masyarakat setempat. Ia mengungkapkan keadaan seperti itu perlu dukungan semua pihak agar pariwisata pantai Batu Gong bisa bangkit kembali.

Menurut dia potensi obwis tersebut sangat luar biasa. Dimana pantai membentang panjang dan sebuah gugusan batu yang cukup indah.

Sehingga, Zainul meminta Bupati Konawe untuk mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe agar serius memberi perhatian terhadap Pantai Batu Gong sebab saat ini Pemda perlu membamgkitkan sektor Wisata sebagai upaya menumbuhkan ekonomi masyarakat setelah pandemi COVID-19.

“Karena Pantai Batu Gong sudah bertahun-tahun memberikan pendapatan daerah yang cukup baik dari sektor pariwisata,” ungkapnya.