Harian Kendari

Real Madrid Amankan Tiket Final UCL Lewat Semi Final Dramatis Melawan Manchester City

Real Madrid Berhasil memastikan diri melangkah ke final Liga Champions setelah melakukan comeback dan memaksakan extra time saat menghadapi Manchester City pada leg kedua semifinal Liga Champions di Santiago Bernabeu, Kamis (5/5/2022) dini hari WIB. Los Blancos melangkah ke final dengan kemenangan agregat 6-5.

Man City datang ke Santiago Bernabeu dengan kondisi unggul satu gol berkat kemenangan 4-3 saat menjamu Real Madriddi Etihad Stadium pada leg pertama semifinal yang digelar pekan lalu.

Real Madrid berusaha bermain menekan sejak awal pertandingan. Karim benzema mendapatkan peluang pertamanya pada menit kelima untuk bisa membawa Real Madrid unggul, tapi wasit meniup peluit tanda dirinya sudah berada di posisi offside.

Sementara itu, Man City memiliki peluang lewat tendangan bebas pada menit ke-10. Sayang, upaya Riyad Mahrez untuk mencari keunggulan lagi dari Real Madrid tak berbuah hasil setelah tendangannya mengarah langsung kepada Thibaut Courtois.

Man City bermain cukup sabar dalam pertandingan ini. Tim tamu tampaknya tak ingin kebobolan oleh Real Madrid sehingga bermain dengan hati-hati sembari mengincar potensi untuk bisa meraih gol pertama dalam pertandingan ini.

Pada babak kedua, Man City danReal Madrid sama-sama bermain terbuka. Namun, Pep Guardiola tetap mengusahakan agar pertahanan solid timnya terjaga untuk mengantisipasi pergerakan Karim Benzema yang bisa menjadi ancaman dalam laga ini.

Hingga akhirnya Man City berhasil memecahkan kebuntuan dalam pertandingan ini pada menit ke-74. Riyad Mahrez membawa Man City unggul 1-0 dan memperbesar keunggulan agregat mereka menjadi 5-3.

Berawal dari Bernardo Silva yang mengirimkan umpan ke sisi kanan serangan Man City, Riyad Mahrez yang datang tanpa kawalan melepaskan tembakan ke sudut sempit gawang Real Madrid. Thibaut Courtois tidak menyangka bola datang begitu cepat dan gagal untuk mengantisipasi tembakan keras pemain asal Aljazair itu.

Keunggulan Man City membuat Real Madrid makin ketat melakukan tekanan. Namun, tim tamu tak ingin begitu saja masuk dalam tekanan dan berusaha membuang jauh-jauh bola yang masuk ke area pertahanan mereka sembari melakukan serangan.

Sebuah serangan balik cepat dilakukan Man City pada menit ke-86 lewat Jack Grealish. Kecepatan Grealish sulit disamai oleh pemain Real Madrid hingga pemain Inggris itu melepaskan sebuah tembakan dari jarak dekat yang hampir saja masuk ke gawang Real Madrid, tapi masih bisa diselamatkan oleh Ferland Mendy persis di garis gawang.

Real Madrid akhirnya berhasil menyamakan keddukan pada menit ke-90 lewat gol yang dicetak oleh Rodrygo Goes. Pemain asal Brasil itu berhasil memaksimalkan umpan sontekan Karim Benzema dan mencetak gol dari jarak dekat.

Kondisi tersebut membuat Real Madrid termotivasi untuk kembali dalam permainan. Hingga akhirnya pada masa injury time, Los Blancos berhasil berbalik unggul lewat gol yang lagi-lagi dicetak oleh Rodrygo.

Pemain asal Brasil itu berhasil membawa Real Madrid unggul lewat tandukan keras, memaksimalkan umpan silang Dani Carvajal dan sukses membuat Ederson harus mengambil bola dari dalam gawangnya untuk kedua kalinya dalam kurun waktu satu menit saja.

Dua gol Rodrygo dalam dua menit pada akhir waktu normal membawa Real Madrid berhasil memaksakan extra time, di mana agregat menjadi imbang 5-5 pada akhir babak kedua. Kedua tim memulai 2×15 menit dengan kondisi yang sama, butuh gol penentu kemenangan yang bisa memastikan langkah ke final Liga Champions.

langsung tampil menggebrak untuk memulai babak extra time. Beberapa kali mencoba mengancam pertahanan Man City, akhirnya peluang matang datang setelah Karim Benzema dijatuhkan di kotak penalti oleh Ruben Diaz pada menit ke-92 dan wasit menunjuk titik putih.

Striker asal Prancis itu maju sendiri sebagai eksekutor. Dengan tenang Karim Benzema mengarahkan bola ke sudut kiri bawah gawang Man City yang gagal ditebak arahnya oleh Ederson. Real Madrid pun unggul agregat 6-5 berkat gol tersebut.

Dalam kondisi defisit satu gol secara agregat, Man City terus berusaha menekan pertahanan Real Madrid sepanjang babak pertama extra time. Namun, Jack Grealish dkk. kesulitan untuk menembus rapatnya pertahanan Los Blancos yang tengah unggul.

Real Madrid pun mencoba untuk membangun permainan lewat serangan balik cepat dalam waktu tersisa. Hal itu membuat para pemain Man City yang mencoba terus menekan pertahanan Los Blancos mulai frustrasi dan harus melakukan pelanggaran untuk mengggagalkan upaya Real Madrid menambah keunggulan.

Hingga akhir babak extra time tak ada tambahan gol yang tercipta. Real Madrid pun memastikan diri melangkah ke final Liga Champions setelah melalui pertandingan yang dramatis. Los Blancos akan berhadapan dengan Liverpool di laga final yang juga merupakan final ulangan Liga Champions 2017/2018.