Harian Kendari

Dianggap Indahkan Keselamatan Pemudik,  HMI Kendari Suarakan  Pencopotan KSOP Kelas II Kendari

HARIANKENDARI.COM, KENDARI – Himpunan Mahasiswa Islam Cab. Kendari  suarakan pencopotan Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan tidak menjalankan tugas sebagaimana mestinya seperti yang telah di amanatkan.

Hal itu bukan tanpa alasan, pasalnya banyaknya penumpang Menjelang hari raya Idulfitri 1443 Hijriah tahun 2022 yang hendak pulang ke kampung halamannya tampak disesaki penumpang yang hendak mudik.

Pemandangan kapal Express Bahari 5E dengan tujuan Kendari – Raha – Baubau di  Pelabuhan Nusantara Kendari yang over kapasitas di anggap sangat membahayakan keselamatan penumpang, hal itu di utarakan formateur HMI Cab. Kendari, Jumat (29/4/2022).

Enggi Indra syahputra Mengatakan l seharusnya pihak pelabuhan berkordinasi dan bersiap sedari awal akan kemungkinan membludaknya penumpang dengan mengupayakan ketersediaan kapal dan atau memaksimalkan operasional.

“Apapun alasanya membiarkan penumpang berdesakan hingga over kapasitas adalah bentuk kelalaian tugas, karena hal itu sangat berbahaya apalagi jumlah ketersediaan alat penyelamatan diri pasti tidak seimbang dengan jumlah penumpang kapal.

Untuk itu kami meminta kepada kementrian perhubungan untuk mengevaluasi dan mencopot Kepala Syahbandar dan Operasional Pelabuhan Kelas II A Kendari yang kami nilai gagal.

“Akan kami tindak lanjuti supaya menjadi pelajaran kita bersama bahwa keselamatan penumpang adalah perihal nomor satu. Semoga seluruh yang melakukan aktifitas mudik di beri keselematan,” Tutupnya