Harian Kendari

Kunker Di Sultra Mendag Lutfi Resmikan Dermaga Unloading Raw Sugar dan Warehouse  PT. DSP di Bombana

Muh. Lutfi Menteri Perdangangan, pagi hari ini, Senin (04/04/2022) tiba di Sulawesi Tenggara, Setibanya di Bandara Haluoleo Kota Kendari,  rombongan Menteri Perdangangan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Bombana.

Agenda pertama Menteri Perdagangan Republik Indonesia Bapak Muhammad Lutfi. , setibanya di Kabupaten Bombana langsung menuju Desa Batuputih Kec. Poleang Selatan Kab. Bombana dengan giat peresmian Dermaga Unloading Raw Sugar dan Warehouse  PT. Dua Samudera Perkasa.

Senin tanggal 4 April 2022 pukul 12.00  wita bertempat di Dermaga PT. Dua Samudera Perkasa  (PT. DSP) Desa Batuputih Kec. Poleang Selatan Kab. Bombana berlangsung giat peresmian Dermaga Unloading Raw Sugar dan Warehouse  PT. Dua Samudera Perkasa oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Bapak Muhammad Lutfi.

Saat memberi Sambutan Direktur PT. Dua Samudera Perkasa A.G. Hartantono mengungkapkan Adanya dermaga PT. Dua Samudera Perkasa berkat gagasan Presiden Direktur H. Andi Syamsuddin Arsad

“Beliau mempunyai misi untuk memudahkan masyarakat Kab. Bombana yang dulunya hasil perkebunan dibawa ke pelabuhan kendari sekarang dapat di kirim melalui pelabuhan batuputih  dan dapat dikirim ke berbagai wilayah dapat juga langsung ke luar Negeri / ekspor sehingga daya saing produksi dapat kompetitif.

Dengan beroperasinya Dermaga PT. DSP, dapat mengakamodir petani lokal untuk mendistribusikan hasil buminya, baik antar wilayah maupun antar negara. dapat memberikan manfaat dan perkembangan ekonomi untuk daerah provinsi Sultra Pada umumnya dan Kab.Bombana pada khususnya.

Kemudian  H. Amran Sulaeman MP selaku Inisiator pengembangan industri gula di kawasan Indonesia Timur  menggambarkan Telah banyak proyek strategi nasional yang telah dibangun oleh Jhonlin group yang tujuannya semata-mata untu mensejahterahkan masyarakat,

“Dermaga ini  mampu jadi termpat bersandar kapal dengan muatan 80.000 ton. Kapal yang sandar saat ini bermuatan Raw Sugar sebanyak 50.000 ton lebih dari Brazil dan akan menyusul lagi 20.000 ton lebih dari India. Hal ini akan membawa peningkatan Perekonomian masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya masyarakat Kab. Bombana

Gubernur Sulawesi Tenggara saat memberi sambutan Mengucapkan terimakasih kepada Jhonlin Group karena telah berivestasi dan turut membangun Provinsi Sultra sehingga menjadi lebih maju.

“Tentu suatu keberkahan pabrik Gula dibangun di Daerah Sulawesi Tenggara dan dibangun oleh Putra Daerah bapak H Isam, dan suamuanya dapat terlaksana dengan baik. Merupkan suatu kebanggaan bagi saya, pada saat saya menjabat sebagai Gubernur Pabrik Gula sudah dapat diresmikan dan dioperasikan.

Saat membuka kegiatan Menteri Perdagangan RI Muh. Lutfi Mengucapkan selamat dan mengucapkan terima kasih ke berbagai Instansi atas diresmikannya Dermaga PT. DSP yang merupakan infrastruktur dan ekosistim pergulaan di kawasan indonesia bagian timur.

“Saat ini Sulawesi Tenggara adalah jalur laut yang penting,  Sejak abad ke 18 Belanda sudah melihat bahwa SDA Sulawesi Tenggara mampu bersaing dan mendunia jika memiliki dermaga berkapasitas tinggi dan sekarang sudah terwujud berkat kerja keras putra daerah dalam turut membangun Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara. Dengan adanya Dermaga baru ini saya yakin kedepan Sultra akan menjadi Sentra Ekspor, olehnya itu SDA yang ada di Sulawesi Tenggara perlu diolah, diperbaiki dan dijual ke luar Negeri,” Tutupnya