Harian Kendari

Irda Siswanto Pimpim KADIN Bombana 2022-2027, Siap Bangun UMKM Bedaya Saing

HarianKendari.com- Irda Siswanto terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Daerah (Musda) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) ke II (dua) Bombana untuk periodenya 2022-2027.

Usai terpilih Direktur PT. Radhika Group Indonesia ini mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini pihaknya akan fokus untuk membentuk kepengurusan.

“Dalam rentang waktu 30 (Tiga Puluh) hari kerja kita akan fokus membentuk kepengurusan untuk segera dilaksanakan pelantikan kepengurusan,” kata Irda yang juga putra daerah Bombana.

Selain itu Alumni Universitas Tritunggal Surabaya juga membeberkan bahwa dalam 100 (Seratus) hari kerja akan melakukan pendataan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Bombana untuk pemberdayaan.

“Pasca pelantikan kita akan melakukan pendataan terhadap UMKM untuk kedepannya kami berdayakan, selama ini kami melihat ada ruang kosong antara Pemerintah, Investor dan Pengusaha Lokal. Dan untuk menjawab ini Kadin akan hadir untuk menjadi jembatan serta memberdayakan pengusaha lokal,” bebernya.

Irda juga menambahkan bahwa selama ini pengusaha lokal masih kurang diberikan ruang.

“Kami melihat bahwa pengusaha lokal kurang diberikan ruang, contohnya kami masih melihat beberapa perusahaan yang mengambil bahan logistik dari luar padahal Kita juga punya, tetapi perusahaan kan tidak mungkin mau membeli eceran ke pengusaha-pengusaha lokal dan untuk kita hadir menjembatani, yang butuh modal, kita bantu modal, yang butuh perizinan kita bantu urus, dan selama pengusaha lokal siap maka kita juga siap untuk membantu,” tambahnya.

Pihaknya juga berharap kepada beberapa perusahaan untuk memberdayakan pengusaha lokal.

“Kedepannya kami akan memfasilitasi dan menjembatani antara pihak pemerintah, perusahaan dan pengusaha lokal. Dan ini memang merupakan tugas dan fungsi kami, sebagai rumahnya pengusaha lokal