Harian Kendari

Dinas Koperasi Konut Siapkan Anggaran Untuk Pelaku UMKM

Konawe Utara, Hariankendari.com – Dinas koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) sedang melakukan pengembangan kekuatan guna untuk memulihkan ekonomi pelaku usaha.

Dimana pada kegiatan tersebut di bagi menjadi dua yakni pendataan lapangan, dan entri data yang akan di masukan lewat online di data pusat untuk pelaku usaha di Konut.

Hal itu pula, merupakan salah satu pendukung dalam rangka pemulihan ekonomi. Untuk itu Dinas Koperasi mendata seluruh pelaku usaha mikro pada masyarakat yang terdampak.

Kepala Bidang Dinas koperasi UMKM Kaswida menuturkan jika kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang di lakukan satukali dalam setahun. Sehingga pihaknya mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui dinas koperasi dan UMKM sebesar Rupiah 199 Juta.

Kaswida juga menyebutkan bahwa jumlah data penerima di tahun 2022 kemungkinan mengalami kenaikan, yang mana sebelumnya pada tahun 2021 jumlah pengusaha mikro berjumlah 2.795. Untuk itu di tahun 2022 di targetkan 3000 pelaku usaha.

“Sementara itu pendataan yang saat ini di lakukan sudah hampir mencapai 70% memenuhi target,” ucapnya. Kamis (24/3/2022).

Dirinya menambahkan, berdasarkan data penerima dari Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang terkaver untuk Konawe Utara sebanyak tiga ribu lebih, meski yang di usulkan pada tahun 2022 berkisar lima ribu lebih se- Provinsi. Sehingga Kabupaten Konut adalah salah satu penerima tertinggi untuk bantuan tersebut.

Untuk itu, maswidah berharap pada masyarakat jika dikemudian hari menemukan petugas UMKM yang sedang melakukan pendataan agar bisa saling bekerja sama dalam rangka pemenuhan kebutuhan data.

“Yang di butuhkan, yang mana pada tupoksinya Dinas Koperasi terus berupaya memberikan fit back untuk mewujudkan Konawe Utara lebih Sejahtera, dan berdaya saing,” tutupnya.