Harian Kendari

Beli Minyak Pake Syarat, Wali Kota Kendari Bakal Beri Sanksi

Ketgam : Sulkarnain Kadir

HARIANKENDARI.COM,KENDARI- Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir bakal berikan sanksi terhadap ritel modren maupun swalayan yang menjual minyak goreng mengunakan syarat.

Sulkarnain Kadir mengatakan, pihak yang memberlakukan syarat-syarat minimal belanja baru dapat minyak sangatlah tidak bijak.

“Orang lagi susah begini, jangan dipersyaratkan apa-apa. Jika ada stoknya langsung dijual,” Ungkap Sulkarnain Kadir saat di temui usai menghadiri pengukuhan Hipmi Sultra, Selasa malam (15/3/2022).

Sul sapaan akrabnya meluruskan, sebaiknya yang dilakukan para pengecer atau penjual adalah dengan menetapkan pengaturan-pengaturan pembatasan, untuk menghindari terjadinya penimbunan.

Kata dia, boleh dibatasi pembelinya, tapi jangan dipersyaratkan yang macam-macam. Ia menegaskan pihaknya akan menegur terlebih dahulu sebelum memberikan sanksi yang tegas.

Terpisah,  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Subhan juga turut mengecam tindakan sejumlah swalayan yang menjual minyak goreng disertai syarat pembelian.

Menurut Subhan, hal tersebut sangat tidak pantas dilakukan di tengah kondisi langka dan mahalnya minyak goreng saat ini.

“Apapun alasannya, kelangkaan minyak goreng, tidak bisa dijadikan alasan untuk memaksakan masyarakat harus membeli produk yang lain. Kami sangat mengecam dikondisi ini yang dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan besar dan tidak rasional,” Jelasnya. (Rjs)